8 Aneka Kesalahan Pakai Body Care yang Bikin Kulit Kusam dan Belang

8 Aneka Kesalahan Pakai Body Care yang Bikin Kulit Kusam dan Belang

Punya kulit yang bening, lembut, dan cerah pasti impian semua orang. Tidak heran bila perawatan kulit tubuh menjadi salah satu perhatian, khusunya para wanita. Namun, dalam penggunaan produk kecantikan untuk kulit tubuh ternyata tidak boleh sembarangan. Bisa-bisa kulit justru jadi kusam dan malam belang. Nah, berikut ini beberapa kesalahan pakai body care yang wajib Anda hindari bila tak ingin kulit jadi kusam.

1. Mandi Pakai Air Hangat

Air hangat memang bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Eits, tapi jangan mandi pakai air hangat lebih dari 20-30 menit, ya. Bisa-bisa kulit jadi lebih kering, mengkerut, dan justru bisa menghilangkan kelembapan pada kulit. Selain itu, air hangat juga dapat membuat kulit jadi lebih kusam, lho.

2. Tidak Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Ternyata, sabun mandi yang kita gunakan tidak boleh sembarangan. Anda tetap perlu memilih sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit tubuh. Misalnya, kalau kulit Anda cenderung kering, maka Anda harus mencari sabun mandi yang dapat melembapkan tubuh Anda dengan baik.

3. Tidak Pakai Body Lotion

Tidak hanya wajah yang membutuhkan pelembap dalam rutinitas kecantikan sehari-hari. Tubuh juga membutuhkan body lotion untuk melembabkan kulit badan. Waktu yang tepat memakai body lotion adalah sehabis mandi, ketika pori-pori tubuh masih terbuka sehingga kulit bisa mendapatkan manfaat yang lebih dari body lotion tersebut. Pastikan Anda memilih body lotion sesuai jenis kulit agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga:  Perawatan Muka dan Badan untuk Mencerahkan Kulit Secara Merata

4. Tidak Melakukan Scrub Tubuh

Ya, lagi-lagi sama seperti kulit wajah, tubuh juga perlu scrub setiap dua kali dalam seminggu. Tujuannya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat tubuh jadi kusam. Setelah scrub, pastikan Anda membersihkan tubuh dengan sabun dan pakai body lotion setelah mandi. Nah, yang perlu diingat, jangan pakai scrub terlalu kencang karena justru bisa membuat kulit jadi iritasi.

5. Tidak Mengganti Peralatan Mandi

Bila Anda sering memakai sponge untuk mandi, pastikan Anda menggantinya secara rutin. Selain itu, ganti handuk dua minggu sekali agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai bakteri.

6. Tidak Bilas Sabun Sampai Bersih

Kadang, sabun yang kita gunakan pada seluruh tubuh sulit dihilangkan. Namun, Anda harus memastikan sabun benar-benar bersih dari tubuh. Bila tidak bersih, justru sisa sabun ini dapat menimbulkan jerawat di kulit badan kita.

7. Mandi Saat Keringatan

Bila Anda sehabis beraktivitas yang membuat keringatan, jangan buru-buru mandi. Justru bila Anda langsung mandi dapat membuat timbulnya jerawat di tubuh. Tunggu beberapa menit sampai keringat hilang, baru mandi sampai bersih.

8. Tidak Pakai Sunscreen atau Sunblock

Ya, kulit tubuh juga perlu perlindungan dari sinar matahari. Bila tidak, kulit akan lebih cepat kusam dan timbul penuaan dini. Anda bisa memakai body lotion yang mengandung SPF. Namun, bila Anda beraktivitas di luar ruangan, maka Anda perlu memakai sunblock.

Baca Juga:  Alasan Penting Menjaga Skin Barrier Agar Kulit Wajah Mulus dan Tak Mudah Jerawatan