Alasan Penting Menjaga Skin Barrier Agar Kulit Wajah Mulus dan Tak Mudah Jerawatan

Alasan Penting Menjaga Skin Barrier Agar Kulit Wajah Mulus dan Tak Mudah Jerawatan

Bagi yang belum tahu, skin barrier adalah bagian dari lapisan teratas kulit kita yang membentuk garis pertahanan pertama melawan agresor eksternal. Ketika skin barrier ini terganggu, kulit Anda akan terlihat kusam, kering dan lebih rentan terhadap iritasi, serta mudah berjerawat.

Begini penjelasan simpelnya. Kulit Anda adalah garis pertahanan pertama melawan efek berbahaya dari lingkungan sekitar. Hal-hal seperti panas, kelembapan, paparan sinar UV, polutan, dan lainnya dapat membahayakan kulit Anda. Nah, skin barrier inilah yang melindungi Anda dari bahaya tersebut dan itulah sebabnya sangat penting untuk mempertahankan skin barrier.

Lalu, bagaimana jika skin barrier Anda rusak? Meski gejalanya berbeda-beda pada setiap orang dan tipe kulit, biasanya Anda akan merasa kulit lebih kusam, kering, kasar, bersisik, dan mengelupas. Kulit juga tampak berjerawat dan merah-merah karena lebih mudah terpapar dengan lingkungan. Bahkan skin barrier yang rusak juga mempercepat tanda-tanda penuaan, seperti keriput di usia muda!

Jika sudah begitu, pemakaian skincare akan sangat sulit berdampak pada kulit Anda. Skin barrier yang rusak membuat kulit sulit mempertahankan vitamin dan nutrisi penting yang diberikan oleh produk skincare. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda tersebut dan menduga bahwa skin barrier Anda mungkin telah rusak, maka jangan panik dulu.

Carilah produk perawatan kulit yang memiliki bahan-bahan yang disebutkan di bawah ini untuk memperbaiki skin barrier Anda.

  1. Ceramide: Membantu kulit melindungi dari agresor lingkungan seperti iritasi dan polusi. Tanpa penggunaan ceramide yang tepat, skin barrier dapat terpengaruh dan menyebabkan kekeringan, gatal, dan iritasi.
  2. Centella Asiatica: Sarat dengan antioksidan, centella asiatica tidak hanya membantu mengurangi munculnya jerawat dan kemerahan, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat skin barrier.
  3. Penthenol (Provitamin B5): Membantu mengaktivasi regenerasi sel sehingga penting untuk meningkatkan fungsi skin barrier.
  4. Mugwort: Formulanya sangat bagus untuk meredakan kemerahan saat skin barrier rusak, selain itu juga dapat menenangkan wajah setelah eksfoliasi.
Baca Juga:  6 Skincare yang Wajib Dipakai Sejak Muda Agar Kulit Wajah Bening Berseri Sampai Tua

Mungkin sekarang Anda langsung mencari produk skincare apa yang mempunyai bahan-bahan tersebut di dalamnya. Jangan bingung mencari, produk lokal dari Indonesia sudah ada yang mempunyai semua bahan di atas dan sangat bagus untuk memperbaiki skin barrier.

Avoskin Ceramide LC – S 20 1% + Mugwort + Cica toner dan Avoskin Panthenol 5% + Mugwort + Cica serum, merupakan kombinasi yang dicari-cari bagi para pejuang skin barrier.

Setelah membersihkan wajah, Anda bisa memakai toner Ceramide LC – S 20 1% + Mugwort + Cica toner. Diperkaya ketiga bahan yang memperkuat skin barrier, toner lokal ini juga bisa melembutkan kulit Anda.

Setelah itu, gunakan Avoskin Panthenol 5% + Mugwort + Cica serum. Kandungan Panthenol 5% akan memperbaiki skin barrier sekaligus membantu proses wound healing, karena meningkatkan pembelahan sel fibroblast pada kulit wajah. Selain itu, kandungan Mugwort juga membantu proses skin calming setelah menggunakan produk eksfoliasi.